Skip to content
Skip to service links: contact, tools, help, the group
Skip to search
Skip to main navigation
Skip to sub navigation
Skip to Footer with links to masthead, print, email a friend and disclaimer
 

Mengirim Kiriman dengan atau Berisi Baterai Lithium

Berlaku sejak 1 Januari 2017, akan diberlakukan label keamanan baru dengan masa transisi 2 tahun selama baik label keamanan Barang Berbahaya Lainnya Kelas 9 yang berlaku saat ini atau label keamanan Baterai Lithium Kelas 9 yang baru diterapkan untuk paket mengandung baterai lithium yang disiapkan sesuai dengan Section I, IA atau IB dari instruksi pengemasan baterai lithium.

Selain itu, penandaan baru akan dibelakukan selama masa transisi 2 tahun selama baik penandaan baterai lithium atau label penanganan baterai lithium diberlakukan kepada paket mengandung baterai lithium yang disiapkan sesuai dengan Section IB atau Section II dari instruksi pengemasan baterai lithium. Tambahan dokumentasi untuk pengiriman tidak lagi diperlukan. Sebuah paragraph baru menjelaskan mengenai instruksi yang harus diberikan pengirim kepada staf yang terlibat dalam persiapan kiriman baterai lithium dalam transportasi udara di Section II.

Berbagai jenis peralatan elektronik yang menggunakan Baterai Lithium terkena dampak dari peraturan baru, terlepas dari apakah baterai tersebut dapat diisi ulang (Lithium Ion) atau tidak dapat diiis ulang (Lithium Metal). Peraturan diterapkan ketika:
  • Baterai Lithium dikemas dan dikirim secara satuan.  Contoh : Baterai Lepas / Pengisi Baterai Portabel
  • Baterai Lithium dikemas terpisah namun dikirimkan dengan peralatan dalam satu kemasan yang sama. Contoh telepon genggam dengan Baterai Lithium yang dapat diganti.
  • Baterai Lithium yang terpasang atau berada di dalam peralatan dan dikirimkan dalam boks yang sama. Contoh: komputer tablet dengan Baterai Lithium yang terintegrasi di dalam peralatan yang tidak dapat dilepas atau diganti oleh pemakai.

Penting!

Baterai Lithium yang diketahui atau dicurigai rusak atau cacat menimbulkan risiko keamanan untuk personil dan barang dan tidak diperbolehkan berada di pesawat dalam situasi apapun.
Ketika diketahui atau dicurigai bahwa Baterai Lithium terdapat pada laptop, telepon genggam atau peralatan lainnya, baterai harus dilepas sebelum DHL dapat menerima kiriman.